Ucap syukur segala puji kepada Allah SWT. kita telah memasuki Bulan Muharram 1440 Hijriyah, yang berarti mengakhiri tahun 1439 Hijriyah. Disarankan pada Bulan Muharram untuk banyak bersedekah dan banyak membaca alquran.

Idul Yatama, diartikan sebagai Hari Raya Anak Yatim yang bertepatan pada 10 Muharram. Maksud dari Hari Raya Anak Yatim adalah hari menyantuni anak-anak yatim, momen mengingatkan tentang anak-anak yatim yang perlu mendapat santunan/uluran tangan.

Dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin li-Samarqandi disebutkan riwayat dari Ibnu ‘Abbas bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى ثَوَابَ عَشْرَةِ آلافِ مَلَكٍ ، وَمَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أُعْطِيَ ثَوَابَ عَشْرَةِ آلَافِ حَاجٍّ وَمُعْتَمِرٍ وَعَشْرَةِ آلافِ شَهِيدٍ ، وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang puasa para hari Asyura (tanggal 10) bulan Muharran niscaya Allah akan memberikan 10000 pahala malaikat dan pahala 10.000 pra syuhada’, dan baragsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura’ niscaya Allah angkat derajatnya  pada setiap rambut yang diusapnya”

sumber : http://madinatuliman.com

LEAVE A REPLY