Etika Mengirim Pesan Yang Sopan di Media Sosial

0
78
Hallo Teman PKBM!
Perlu kita ketahui Etika dalam mengirim pesan yang sopan, kini berkomunikasi berkirim pesan makin mudah dan cepat dengan hadirnya media Email, Whatsapp, SMS dan Telegram. Sedangkan dulu kita mengiririm pesan melalui surat pos.
 
Seiring berjalannya waktu sopan santu, adab dan etika kadang semakin terlupakan entah karena aneh atau jadi kebiasaan baru. Terutama komunikasi pesan dengan guru, dosen dan orang tua.
 
Lalu apa saja hal yang harus diperhatikan etika dalam mengirim pesan yang sopan?
1. Perhatikan Waktu
Penting! Kirimlah pesan di waktu yang pantas, jika berkaitan dengan studi, bisnis dan kerja yang sifatnya formal.
 
2. Ucapkan Salam
Awali dengan memberi salam. Jika Kamu dan lawan chatting adalah muslim, ucapkanlah “Assalamu’alaikum” minimal, lebih lengkap lebih baik.
 
3. Gunakan Kata “Maaf”
Improve komunikasi kita dengan akhlak rendah hati, utarakan rasa “maaf” untuk segala hal, misalnya maaf karena telah mengganggu, maaf karena cara menghubungi beliau kurang sopan dsb.
 
4. Sebutkan Identitas Diri
Tidak semua pesan WA atau SMS yang masuk, di-save jadi nomer kontak. Kita perlu paham. Maka, jangan lupa cantumkan identias diri setiap kali chatting, nama, asal, dsb..
 
5. Utarakan Keperluan
Sama seperti dunia nyata, manggil orang pasti ada kepentingan. Jangan bikin orang kesal, kirim whatsapp tapi gak ada tujuannya.
 
6. Perhatikan Gaya Bahasa
Susun gaya bahasa yang baik dan benar. Jangan disingkat: mata2, se-x, kepo, Jangan sok kenal sok dekat. Jangan pake bahasa alay: cayang, bomat, pewe, Harus ringkas padat dan berisi.
 
7. Sampaikan Terima kasih
Di penghujung pesan kamu, menghaturkan rasa terima kasih, karena telah diterima whatsapp-nya. Walaupun kita udah punya feeling gak bakal dibalas 99%.
 
Menerima Siswa Baru TA 2021/22 Menyelenggarakan Program Kesetaraan Paket A (SD), Paket B (SMP) dan Paket C (SMA). Selain bagi siswa yang berminat untuk kursus Bahasa Inggris & Komputer.
 
Informasi Hubungi :
Telp. 022-63741003
WA 085703324551 (Desi)
08112380300 (Imam Syafei)
 
Yayasan Imam Syafei
No. Izin : 421.10/2659-Disdik/2018 NPSN : P9962773
Akreditasi B
 
Alamat
Jalan Sadang No. 66 Cipadati Desa Cinunuk
Cileunyi Kab. Bandung Jawa Barat

LEAVE A REPLY